Scroll To Top
News Trending
Diberdayakan oleh Blogger.

Apa Itu HTML ?

Apa Itu HTML
         Halo sobat koding , berjumpa lagi dengan kami .. kali ini kami akan menyuguhkan materi pemrograman berbasis web ... Nah sobat , ketika kalian melihat suatu website atau sejenisnya , pernahkah kalian terpikir bagaimana sih para programmer membuat website tersebut . Nah itu yang akan kita bahas hari ini . Untuk membuat suatu web , ada banyak berbagai type kode/script yg membangun web tersebut . salah satunya yaitu ada HTML , PHP , JAVASCRIPT , CSS , Jquery , dan lain” (ribet mau njelasin panjang lebar :v) . Nah sobat koding , Yg akan kita kupas terlebih dahulu adalah HTML .. tak usah panjang lebar , berikut penjelasannya.
Definisi HTML
          HTML yang akan dibahas meliputi beberapa tahap, yaitu level HTML, HTML Extension dan program Editor HTML. HTML adalah format data yang dipakai untuk membuat dokumen HyperText. Dokumen HTML disebut Mark Language, karena berisi tanda tanda tertentu yang digunakan untuk menentukan tampilan suatu teks dan tingkat kepentingan dari teks tersebut dalam suatu dokumen. Pada sistem HyperText pada dokumen HTML, Anda tidak harus membaca dokumen secara urut dari atas ke bawah, melainkan cukup menuju pada topik tertentu secara langsung dalam dokumen. Ini dikarenakan dokumen tersebut menggunakan teks penghubung ke suatu topik/ dokumen lain secara langsung.
          HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan teks editor. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser.
Penggunaan HTML
         Ada dua cara untuk membuat web page, denghan HTML editor atau editor text biasa (misal : notepad). Atau juga bisa memakai sublime text (sejenis text editor seperti notepad) tetapi dengan menggunakan sublime text , kita bisa tahu elemen – elemen yang ada di html karena setiap elemen diberi warna yang berbeda .. berbeda jauh dengan notepad karena notepad tak punya penanda untuk mengklarifikasikan elemen html tsb sehingga sulit untuk mencari kesalahan-kesalahan yang ada didalam web tsb .
Penamaan Dokumen
Dokumen HTML diberi nama sembarang kemudian diberi tambahan ekstensi ”.htm” atau ”.html”
Definisi Elemen
Dokumen HTML disusun elemen-elemen  atau komponen dasar pembentu HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head , body, table, paragraf, list.
Definisi Tag
Tag digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas sebuah sudut kiri (<, tanda lebih kecil), nama sebuah tag, dan sebuah tanda kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar. Tag umumnya berpasangan, sebagai contoh <H1>
 Dengan </H1>. Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tagnya, dituliskan :
<namatag> - </namatag>
Elemen HTML yang diperlukan
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <html>,<head>, dan <body>.Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemn Head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan di browser.


Berikut contoh penulisan HTML :
<html>
<head>
<title>Belajar Web Design</title>
</head>
<body>
ini adalah halaman HTML
</body>
</html>

     Setelah itu simpan dengan nama sesuai keinginan , dengan extensi .html / .htm , lalu coba di browser kalian , maka hasilnya seperti dibawah ini :


 Nah sekian materi pemahaman tentang apa itu html .. mohon maaf apabila kami ada salah kata dalam penyampaian .. and don’t forget to keep visit for more awesome articles .. stay tune XD .

Nb : Jangan lupa untuk kasih komentar :D




Share This:

Labels:

No Comment to " Apa Itu HTML ? "